Pelepasan Kelas IX Angkatan 14 SMPT Al-Qudwah

Pelepasan angkatan 14 SMPT Al-Qudwah, Sabtu, 12 Juni 2021 digelar di Granada Hall. Pelepasan digelar secara langsung dan virtual melalui zoom meeting dan streaming youtube SMPT Al-Qudwah. Perwakilan siswa dan orang tua hadir mengikuti acara pelepasan dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara pelepasan dihadiri oleh ketua yayasan Qudwatul Ummah, pendiri yayasan Qudwatul Ummah, kepala sekolah SMPT Al-Qudwah, komite sekolah, dan guru serta staf SMPT Al-Qudwah. Sebagian siswa wisudawan yang ada di rumah mengikuti acara pelepasan melalui zoom meeting.

Acara dibuka dengan doa dari ananda Zaki. Sambutan-sambutan dari pendiri yayasan, kepala sekolah, serta komite sekolah. Selain prosesi wisuda, perpisahan juga dimeriahkan oleh hiburan dari Ananda Ratu Nila yang menyanyikan lagu Ibu dari Meli Goeslaw dan lagu Ayah dari Seventeen.  Saat menyanyikan lagu, para wisudawan menghampiri ayah dan bundanya dan memberikan bunga atau hadiah. Hal itu membuat suasana di Granada hall menjadi haru. Begitu pun para wisudawan yang di rumah, mereka memberikan hadiah untuk orang tua yang ada di sampingnya. Bunga dan hadiah adalah tanda terima kasih mereka kepada kedua orang tua yang selama ini membimbing, merawat, dan menyayangi mereka.

Acara pelepasan juga dimeriahkan penampilan video dokumentasi penggalangan dana para siswa kelas 9 untuk saudara di Palestina, dana yang terkumpul sebesar Rp6.371.500. Siswa juga bekerja sama dengan Qudwah Care untuk penyaluran dana. Ini adalah bentuk kepedulian siswa kepada saudara di Palestina.

Kemudian prosesi wisuda Quran dipimpin oleh tim Tahfiz. Saat prosesi Quran, wisudawan yang ada di Granada Hall ke atas panggung dikalungkan syal tahfiz oleh Ust. Samson Rahman, MA. dan Kepala Sekolah Siti Maryam, S.P. memberikan sertifikat serta piala tahfiz. Siswa yang diwisuda dari program takhosus dan juga program reguler. Hafalan tertinggi yang dibacakan oleh MC saat prosesi wisuda ialah 10 juz oleh Asma Raudatul Jannah. Setelah prosesi pengalungan dan pemberian sertifikat serta piala, mereka pun tasmi Quran atau membacakan ayat secara bergantian.

Acara pelepasan selanjutnya ialah Launching buku yang sebagian besar penulisnya ialah para wisudawan tahun ini. Sebelum lulus mereka menulis suatu karya dalam buku antologi cerpen Activities During Quarantine yang merupakan kisah suka duka mereka saat belajar daring selama hampir dua tahun karena pandemi. Launching buku dipimpin oleh tim Literasi sekolah dan kemudian pelelangan buku.

Rangkaian acara pun sampai pada acara prosesi wisuda. Prosesi wisuda diawali dengan prosesi wisudawan yang ada di Granada Hall dengan diiringi untaian lagu mars SMPT Al-Qudwah. Wisudawan naik ke atas panggung untuk diberikan medali dan sertifikat karakter. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda yang ada di rumah. Wisudawan di rumah dipanggil satu per satu oleh MC kemudian layar dan tampilan zoom akan menampilkan wisudawan dan orang tua di rumah. Orang tua di rumah mengalungkan medali kepada wisudawan. Prosesi wisuda selesai, dilanjut dengan pengumuman siswa berprestasi dan spesial Award. Piala dan sertifikat diberikan oleh kepala sekolah dan wakasek kesiswaan kepada siswa yang berprestasi.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Sherly Annavita Rahmi, Sos., MSIPh. yang merupakan millenial influencer. Ia mengucapkan, "Selamat untuk wisudawan dan juga semangat untuk meraih cita-cita. Kalian adalah anak muda, anak muda harus mau berperan, kalian anak muda tidak menawarkan masa lalu, tapi kaliant menawarkan masa depan. Anak muda harus mau berperan, harus mau mengambil resiko. Nikmati prosesnya, rasakan sakitnya, karena tanpa ada resiko, maka tidak ada reward yang pantas untuk kita dapatkan," ucapan selamat dan motivasi dari Sherly kepada seluruh siswa wisudawan.

            Di penghujung acara, acara ditutup dengan lagu hanya Rindu dan video kumpulan foto kenangan selama siswa sekolah di SMPT Al-Qudwah. Mulai dari masa MPLS, kegiatan sekolah, dan kegiatan lainnya yang mereka lalui bersama selama tiga tahun belajar di SMPT Al-Qudwah.


Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 3+2

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda