SMAT Al Qudwah Adakan Bina Pribadi Islami: Teladani Karakter Kasih Sayang Rasulullah

SMA Terpadu Al Qudwah mengadakan Bina Pribadi Islami (BPI) pada Jumat, 1 Oktober 2021. Siswa Al Qudwah dibagi menjadi dua kelompok yaitu putra dan putri. Siswa putra di musola Al Qudwah dan siswa putri di aula sekolah.

Ada dua materi dalam kegiatan BPI ini. Materi pertama Muslim Gaul Akhlak Rasul yang disampaikan oleh Ahmad Khosyi’I S.Pd.

Beberapa hal ini yang disampaikannya. Kita merasakan keimanan, berkat Rasulullah, meskipun kita tidak bertemu Rasululah. Akhlak Rasulullah adalah Al Quran. Setiap perbuatan beliau didasarkan Al Quran.

Dalam hidup kita harus punya peta sebagai petunjuk.. dalam hal ini, petunjuk kita adalah Al Quran.

Ikutilah sifat-sifat Rasulullah yang penuh dengan kelembutan, kasih sayang, dan damai. Rasulullah memperlakukan sahabatnya dengan penuh kebijakan.

Seorang sahabat melapor kepada Rasulullah bahwa salatnya sambil jalan-jalan. Saat mendengarnya, Rasulullah tidak langsung menyalahkan sahabat. Namun dengan penuh kasih sayang Rasulullah menasehati sahabat itu. 


 

Atau saat seorang Badui datang ke masjid dan kencing di masjid itu. Saat sahabat akan memarahinya, Rasulullah melarangnya. Membiarkan orangg Badui itu selesai, lalu Rasulullah menyuruh sahabat menyiramnya.

Seperti itulah Rasulullah bersikap pada sahabat yang tidak tahu atau kepada orang Badui yang berbuat salah. Rasulullah tidak keras bereaksi, tapi dengan lembutnya menasehati dan bersikap. Tanpa kekerasan, justru masalah itu bisa diselesaikan dengan mudah dan tidak menimbulkan permasalahan baru lagi.

 

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 3+10

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda