MPLS DAN MOP ALA SMPT AL-QUDWAH

Siswa baru sebelum belajar di SMP, diberikan pelatihan pengenalan lingkungan sekolah atau disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS SMPT Al-Qudwah dilaksanakan selama tiga hari mulai dari hari Senin, Selasa dan Rabu (12-14/ 07/ 2021). MPLS SMPT Al-Qudwah dilakukan secara daring pkl. 08.30 hingga pkl. 11.00 WIB. Panitia yang bertugas dibantu pengurus OSIS dalam penyelenggaraannya. Pengurus OSIS setiap pagi bergiliran memimpin pembacaan al-masurot, memeriksa pelaksanaan shalat duha, dan registrasi zoom meeting serta mengakhiri acara dengan membaca doa.

Pada hari senin, Kepala Sekolah SMPT Al-Qudwah memberikan sambutan hangat kepada siswa-siswa kelas VII yang mengikuti MPLS. “Selamat datang anak-anakku di SMPT Al-Qudwah. Mudah-mudahan kalian betah disini, mendapatkan ilmu bermanfaat dan menjadi partner discovering succesfull life,” Sambut Siti Maryam Kepala Sekolah SMPT Al-Qudwah.

“Kalian harus bangga dan bersyukur bisa melanjutkan sekolah di SMPT Al-Qudwah, karena di luar sana, banyak orang yang mau melanjutkan sekolah, tapi tidak bisa karena keadaan yang memaksa mereka berhenti sekolah,” lanjut Siti Maryam mengobarkan semangat siswa-siswa baru.

Usai sambutan Kepala sekolah, kemudian dilanjutkan pengenalan seluruh civitas akademika SMPT Al-Qudwah mulai dari pendiri yayasan, ketua yayasan beserta staf jajarannya, dewan guru dan kepala TU beserta staf jajarannya. “Baiklah, saatnya kita perkenalan dengan seluruh civitas akademika SMPT AL-Qudwah,” papar Arif Rahman pemandu acara MPLS.

Pada hari Selasa, dilanjutkan dengan pemaparan program kegiatan kesiswaan. “Kegiatan kesiswaan meliputi kegiatan Bina Pribadi Islami (BPI), pembiasaan, OSIS dan ekstrakurikuler.  Kegiatan BPI dipandu oleh pembimbing masing-masing berdasarkan kelompok. Pembiasaan yang dilakukan setiap hari membaca al-ma’surot pagi dan sore, shalat wajib, shalat duha, saum sunnah, saum ayamul bidh, tilawah, dan lain-lain. Kegiatan OSIS diantaranya mengadakan perlombaan poster gebyar Idul Adha dan qurban, hari besar Islam, dan lain-lain. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di masa pandemi ini diantaranya pramuka,” jelas pemaparan Nova Diasari dalam menyampaikan materi kegiatan kesiswaan.

Usai pemaparan bagian kesiswaan, dilanjutkan pemaparan program kurikulum pada hari Rabu (14/07/2021) oleh Ahmad Khosyi’i. Bagian kurikulum menjelaskan teknis pembelajaran secara daring dan tatap muka. “Kurikulum di masa pandemi ini menggunakan kurikulum darurat, artinya ada penyederhanaan kompetensi dasar dan waktu belajarnya dipadatkan. “Misalnya, mata pelajaran yang seminggu sekali beban belajarnya 2 jam (80 menit), maka dipadatkan menjadi 1 jam (60 menit). Sedangkan pada tatap muka terbatas 2 jam pelajaran (80 menit) dipres menjadi 1 jam pelajaran (30 menit),” imbuh Ahmad Khosyi’i.

Pada hari terakhir, Kamis (15/07/2021) acara MOP (Masa Orientasi Pramuka) dipaparkan oleh Lucky Saputra. “Pramuka yaitu warga Negara yang aktif dalam pendidikan kepramukaan serta mengamalkan satya pramuka dan drama pramuka. SMP termasuk pramuka penggalang yang usianya 12-15 tahun,” ujar Lucky Saputra dalam paparan materinya.

Acara pemaparan pramuka ini akhir dari kegiatan MPLS dan MOP tahun ajaran 2021. “Ibu ucapkan terima kasih kepada siswa-siswa SMPT Al-Qudwah yang telah bersemangat menjalani kegiatan MPLS dan MOP. In sya Allah untuk tahun depan, kalian yang akan membantu kami para guru dalam penyambutan siswa-siswa baru,” pungkas Eva Pauja di penghujung acara.




Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 8+4

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda