Camp Al-Qudwah Basic Character Menyalakan Semangat Perjuangan Islam

PORTAL AL-QUDWAH- Camp Al-Qudwah Basic Character bertujuan untuk membentuk karakter dasar siswa kelas VII SMPT Al-Qudwah dengan konsep “Awali dengan percaya diri, menuju generasi tangguh, cerdas, Islma yang dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (21-22/10) di Bumi Perkemahan MBS Serang.

Pramuka kali ini terdapat perbedaan dengan biasanya. Perbedaannya terletak pada upacara api unggun. Upacara api unggun dibuat seolah-olah sedang berada di suatu kerajaan Islam yang akan diserang oleh tentara Zionis.  

“Sang Raja mempersiapkan satu orang Panglima Perang dan sepuluh Pendekar. Para Pendekar mengelilingi api unggun sambil menggenggam lilin di tangannya. Salah satu Pendekar meminta api kepada Sang Raja untuk menyalakan lilin. Setelah lilin pendekar pertama menyala, lalu menyebutkan Dasa Darma Pramuka. Setelah itu, pendekar yang pertama menyalakan lilin pendekar kedua, kemudian pendekar kedua menyebutkan Dasa Darma Pramuka, dan seterusnya dilakukan cara yang sama hingga sepuluh pendekar lilinnya menyala semua.

Setelah sepuluh pendekar lilinnya menyala semua, mereka bersama-sama menyalakan api unggun dengan mengucapkan Takbir “Allahu Akbar” untuk membangkitkan semangat para prajurit di sekitarnya”, kata Arif Rahman, Pembina Pramuka.

Upacara api unggun juga merupakan upaya untuk membentuk karakter percaya diri. Percaya diri dibangun melalui keberanian siswa yang mengajukan dirinya menjadi petugas upacara sesuai dengan tema yang diangkat dalam kemah ini. Karakter cerdas islami dibangun dengan cara solat wajib berjamaah, solat tahajud, dzikir, mengaji, dan karakter tangguh dibentuk dari olahraga dan permainan tarik tambang. ***

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 2+9

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda