WORKSHOP ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SMPT AL-QUDWAH

LEBAK_ SMPT Al-Qudwah, Lebak, Banten mengadakan workshop administrasi pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Sabtu, 24 dan 26 Juni 2021 di Aula. “Seperti biasa, setiap permulaan tahun ajaran baru, guru membuat administrasi pembelajaran sebelum masuk sekolah. Karena itu, sebelum tahun ajaran baru dimulai, guru-guru harus sudah selesai menyusun administrasinya”, ajak Siti Maryam kepada seluruh dewan guru dan karyawan dalam sambutannya.

Workshop ini menghimbau kepada semua guru untuk meningkatkan profesionalitasnya dalam membuat administrasi, meliputi: program tahunan, program semester ganjil, program semester genap, alokasi waktu, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria ketuntasan minimum, jurnal pengetahuan, jurnal keterampilan, jurnal sikap, e-rapor, leger, bentuk soal AKM, pembuatan soal AKM, kisi-kisi, pedoman penskoran, kartu soal, dan lain-lain.

“Zaman sekarang ini semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Kita bisa membuat administrtasi pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Axcel yang sudah saya setting supaya guru-guru cepat mengerjakannya,” ungkap Mohammad Hazairin pemateri workshop. “Aplikasi ini saya rancang sendiri agar guru dan tenaga administrasi memudahkan dalam merekap nilai, karena e-rapor yang biasa digunakan dari kemdikbud ada batasan waktu mengaksesnya,” lanjut penjelasan beliau memaparkan tentang kelebihan dan alasan dibalik pembuatan aplikasi ini.

Aplikasi ini sebenarnya kita mengetik seperti biasa pada komputer, tapi formatnya menyerupai e-raport, sehingga memudahkan para guru untuk menginput nilai ke aplikasi e-rapor yang sebenarnya. Selain aplikasi yang menyerupai e-rapor, ada juga aplikasi administrasi guru yang di dalamnya terdapat program tahunan, program semester, alokasi waktu, kriteria ketuntasan minimum, dan lain-lain. Setelah menginput data-data penting di awal, ada beberapa administrasi yang tidak usah diketik ulang atau copy-paste, tapi tinggal menuliskan kode bisa muncul tulisan dengan sendirinya, jika data di awal sudah lengkap. Misalnya, ketika hendak membuat kartu soal di bagian Kompetensi Dasar, maka cukup menuliskan kode saja, (3.1) maka muncul tulisan kompetensi dasar yang hendak dicapai dengan sendirinya.

Mohammad Hazairin, memberikan pengarahan dan mendemontrasikan tentang cara menggunakan aplikasi tersebut. Kemudian, beberapa orang sukarelawan bergantian maju ke depan untuk mempraktekkan pembuatan administrasi pembelajaran di hadapan dewan guru lainnya hingga acara usai.

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 5+1

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda