PELANTIKAN DAN UPGRADING PROGRAM KERJA OSIS-MPK MASA BAKTI 2021-2022

Lebak_ SMPT Al-Qudwah pada hari Selasa, 29 Juni 2021 melantik OSIS-MPK masa bakti 2021-2022 di Aula secara offline dan online. Ada 40 orang anggota OSIS dan MPK yang dilantik. Sebagain hadir di sekolah, sebagian lagi tatap muka online via google meet.

“Barokallah kepada Muhammad Wafa El-Hasya dan Zeiza Adzra Afifa ZK selaku ketua dan wakil ketua OSIS. Maju mundurnya sebuah organisasi tergantung terhadap kepalanya. Semoga di bawah tangan kalian, bisa membawa harum nama baik sekolah,” sambut Eva Pauja sebagai Pembina OSIS.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Begitu berat amanah menjadi ketua OSIS. Semoga saya bersama teman-teman lainnya saling bekerja sama untuk merancang dan menjalankan program kerja yang lebih baik lagi,” ujar Muhammad Wafa El-Hasya ketua OSIS masa bakti 2021-2022.

“Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah SWT., Saya tidak menyangka bisa menjadi wakil ketua OSIS, karena saingannya sangat berat, baik dari segi keilmuan, akhlak dan prestasi akademik,” kata Zeiza Adzra Afifa ZK selaku wakil ketua OSIS.

“Terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman semuanya yang telah mempercayakan amanahnya kepada saya. Semoga kita saling bahu membahu menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin,” kata Muhammad Nafis Fallas ketua MPK.

Usai acara pelantikan, dilanjutkan penyampaian materi dari mantan ketua OSIS-MPK SMPT Al-Qudwah. Materi yang disampaikan terkait makna OSIS, makna MPK, tugas-tugasnya, motivasi bagi siswa-siswa, serta wejangan-wejangan dan pengalaman lainnya.

“organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi yang tercipta di kelompok bersangkutan,” kata Fatih Fida Aini menerangkan fungsi organisasi.

“Ada tiga pondasi utama dalam organisasi: struktur, proses dan individu. Struktur terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan wakilnya, bendahara dan wakilnya, serta koordinator dan anggota-anggotanya. Sedangkan proses itu sendiri program kerja dan pelaksanaannya. Terakhir individu yang bergerak bersama demi mencapai tujuan organisasi,” jelas Fatih Fida Aini.

Struktur OSIS SMPT Al-Qudwah terdiri dari pengurus harian dan departemen-departemen. Departemen tersebut terdiri dari departemen syi’ar, kerohanian Islam, wirausaha, dan minat bakat. Pada hari Rabu, 30 Juni 2021 OSIS dan MPK bersama-sama membuat program kerja untuk periode  satu tahun ke depan. Mereka melakukan koordinasi secara offline dan online dengan masing-masing anggota kelompoknya.

Adapun yang menjadi titik fokus program kerja ke depannya yaitu menerapkan pembiasaan Islami dan optimalisasi dunia digital. Dalam bidang pembiasaan Islami lebih menekankan pada amalan yaumiah seperi sholat wajib, sholat sunnah, puasa sunnah, membaca al-quran, membaca surat al-kahfi, membaca al-ma’surot, peringatan hari besar Islam, dan sebagainya. Departemen wirausaha menekankan pada workshop kewirausahaan dan menjadi reseller serta dropship. Sedangkan pada departemen minat bakat mengeksplor minat bakat siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler dan life skill. Departemen syi’ar lebih menekankan pada pengelolaan akun OSIS-MPK SMPT Al-qudwah untuk menyebarkan informasi terkait agenda dan kegiatan sekolah.

Masing-masing departemen mempresentasikan program kerjanya diwakili oleh koordinator secara offline. Sedangkan siswa yang mengikuti rapat secara online, mereka menyimak penyampaian dari koordinator, memberikan tanggapan dan saran-saran demi kemajuan bersama hingga usai acara.

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 4+10

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda