AlQudwah, Bersiap dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal).

0
184
Spanduk afirmasi protokoler kesehatan covid 19.

 

Sudah tidak terhitung lagi berapa lama kita harus berada di rumah saja #dirumahaja karena kasus Pandemi Covid 19 belum juga usai. Kebiasaan yang sebelumnya mungkin di rasakan sangat berbeda sekali. Mungkin sebagian dari kita mungkin sudah bisa bersyukur menikmati berkumpul hangat dengan keluarga. Namun pasti sebagian dari kita juga harus menahan rindunya, untuk berkumpul lagi. Tidak ada pilihan lain selain bersabar menunggu keputusan sekaligus instruksi pemerintah agar bisa beraktivitas seperti normal kembali.

Selain itu dampak ekonomi mulai terasa di semua sektor bidang usaha. Aktivitas semua ditutup dan dibatasi. Tidak terkecuali di sektor pendidikan. Perubahan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta strategi pembelajaran, secara daring (online) lebih diprioritaskan ketimbang luring (offline), penguatan aktivitas ruhiyah di rumah dengan anggota keluarga, serta kesiapan prasarana dan sarana di setiap lembaga mulai dari RA sampai Boarding (Pondok Pesantren), yang tentu sesuai dengan standar protokoler kesehatan Covid 19 dan terus menajalin kerjasama serta terus komunikasi dengan pihak dinas kesehatan setempat.

Adaptasi kebiasaan baru adalah cara kita merubah pola perilaku, gaya hidup dan kebiasaan. Keadaan dimana PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mulai di longgarkan, protokoler kesehatan tetap dilakukan sehingga keadaan benar – benar kondusif dan aman. Di berlakukan di semua sektor atau bidang penting seperti pasar, pertokoan, rumah ibadah, area publik, transportasi umum, sekolah serta dilakukan saat wilayah sudah menjadi zona aman (zona hijau), pemetaan zona menjadi:

Zona Hijau: zona tidak terdampak
Zona Kuning: zona dengan tingkat resiko rendah
Zona Oranye: zona dengan resiko sedang
Zona Merah: zona dengan tingkat tinggi

Menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan protokoler kesehatan tentu menjadi wajib di setiap aktivitasnya. Menggunakan masker, jaga jarak ideal, hindari kontak langsung, hindari kerumunan, jika merasa kurang sehat lakukan isolasi mandiri, ikuti panduan resmi perkembangan informasi, batasi menggunakan transportasi publik, rajin mencuci tangan, olah raga teratur, dan asupan gizi yang cukup.

Adaptasi bisa berjalan dengan efektif jika kita semua sepakat untuk menaati dan konsisten dengan protokoler kesehatan yang ada, Semoga Allah SWT memberikan kita semua kesehatan.

Spanduk afirmasi protokoler kesehatan covid 19 di area Al qudwah Edu Cluster

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here