Program Boarding

Pesantren Al-Qudwah
                               Pesantren Al-Qudwah

Program Boarding :

  1. Reading Nigth and Qiyamul Lail
    • Reading Night merupakan kegiatan pembiasaan membaca pada malam hari sebelum tidur, santri diminta untuk memilih satu buku setiap minggunya untuk dibaca dan diselesaikan. Membaca merupakan terapi pengembangan diri agar setiap santri dapat memperbaharui dirinya secara simultan.
    • Qiyamul Lail merupakan kegiatan sholat malam yang dilakukan secara mandiri atau berjamaah. Qiyamul Lail merupakan sarana memperbaharui dan meningkatkan keimanan santri untuk lebih dekat dengan Allah swt. Ruhani yang sehat mendidik mental yang kuat, karena pangkal kesuksesan dari santri adalah kedekatannya kepada Sang Penciptanya.
  2. Public Speaking (Arabic English Club)
    • Public Speaking merupakan kegiatan pekanan yang diikuti santri untuk melatih mental dan keberanian berbicara dihadapan orang. Sekaligus melatih kemampuan bahasa inggris ataupun bahasa arab.
  3. Islamic Classical Book (Kitab Kuning)
    • Kajian kitab klasik menjadi kegiatan utama para santri dalam membentuk pemahaman karakter Islami lewat karya-karya ulama. Beberapa kitab yang dibahas adalah kotab Al-Hikam’ Ta’lim Muta’alim dan lain-lain
  4. Self Development
    • Pengembangan diri lain yang dilakukan oleh santri lewat organisasi ISMA (Ikatan Santri Ma’had Al-Qudwah) dan ISTIMA (Ikatan Santriwati Ma’had Al-Qudwah). Ditambah beberapa kegiatan seni dan beladiri dalam rangka memberi ruang untuk pengembangan bakat para santri.
  5. Khotmul Quran Santri
    • Kegiatan membaca mengkhatamkan Al-Quran oleh para santri dalam rangka membangun interaksi yang lebih dengan Al-Quran.
  6. Islamic Studies in English
    • Kegiatan mengkaji nilai-nilai Islam dengan pengantar dan literatur buku berbahasa Inggris. Program ini mengajak para santri untuk dapat menyiapkan diri dalam kemampuannya menyampaikan dakwah dengan menggunakan bahasa Inggris.
  7. Kunjungan Edukatif ke Islamic Book Fair
    • Sebuah program tahunan untuk berkunjung ke pameran buku. Para santri distimulus untuk gemar dan haus dalam membaca dan mengkaji buku-buku Islam
  8. Pengayaan Mata Pelajaran
    • Program membantu para santri untuk lebih memhami mata pelajaran di sekolah.