Profil Singkat

Selayang Pandang

Mendidik berarti menumbuhkan dan memelihara fitrah yang dimiliki oleh setiap anak. Karena setiap anak bukanlah kertas kosong yang harus diisi oleh orang tua dan guru, tetapi mereka terlahir ke dunia telah Allah SWT karuniakan kemampuan dan potensinya masing-masing. Memberikan stimulus sekaligus mengajarkan pada mereka untuk mengenali dirinya dan memiliki skill menjalani hidup adalah tugas utama dari sebuah lembaga pendidikan. Sebab kunci menjalani kehidupan adalah menemukan misi penting keberadaan hidup mereka di muka bumi. Setiap anak harus mampu mengenal siapa dirinya, untuk apa mereka diciptakan.

Misi hidup harus memiliki daya dorong yang kuat, tidak sekedar memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, jika anak hanya dimotivasi untuk sekedar berhasil bagi dirinya sendiri tak ubahnya mereka seperti robot, melakukan pekerjaan yang jauh dari nilai dan makna. Misi mereka bukan sekedar menemukan kesuksesan diri namun lebih dari itu harus mampu memberikan kemanfaatan bagi kehidupan manusia.

Untuk itulah kami meyakini bahwa pendidikan bukan sekedar menjadikan anak didik itu berhasil untuk dirinya sendiri tapi kami berusaha mengarahkan mereka untuk memiliki kemanfaatan dan pelayanan yang terbaik bagi banyak orang. Kami menyebutnya dengan 3 kata kunci, TARBIYAH, DAKWAH dan KHIDMAH. Tarbiyah fokus pada usaha menumbuhkan dan memelihara fitrah, karena tarbiyah merupakan cara paling efektif dan ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia. Dakwah menumbuhkan karakter unggul pada setiap anak didik, sehingga mereka memiliki kemampuan mewariskan kebaikan bagi orang banyak. Sementara khidmah adalah penamanan spirit melayani karena pelayanan merupakan karakter tertinggi bagi seseorang, yang dengannya karakter kepemimpinan menjadi melekat pada dirinya, karena pemimpin hakikatnya adalah melayani sebagaimana yang dikatakan “Sayyidul qoumi khadimuhum”.

Yayasan Islam Qudwatul Ummah