Manajemen Pengelolaan Email Al-Qudwah

0
138
Layanan Gmail Yayasan Islam Qudwatul Ummah | AlQudwah.Id
Layanan Gmail Yayasan Islam Qudwatul Ummah | AlQudwah.Id

Email AlQudwah adalah layanan kotak surat yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Terpadu Al-Qudwah (AlQudwah Integrated Sistem). Dengan dukungan layanan Google Suite yang menghadirkan berbagai macam fitur yang tidak terbatas. Layanan Google Suite tidak terbatas layanan surat menyurat elektronik, melainkan layanan-layanan pengelolaan manajemen dan penunjang pendidikan lainnya, seperti Class Room, Google Slide, Google Form, Google Drive, Google Doc, Google Spreadsheet dan sebagainya.

Yang mengagumkan dari layanan Google Suite untuk pendidikan ini adalah layanan tak terbatas seperti space Google Drive yang unlimited, bisa menampung file sebesar apapun tak terbatas. Jika dirupiahkan mungkin akan bernilai jutaan rupiah.

Hadirnya Google Suite di lingkungan AlQudwah sangat membantu proses pengelolaan manajemen dan pembelajaran, mulai dari penataan alamat email yang lebih rapih karena menggunakan domain sendiri @alqudwah.id, Fitur Google Drive yang sangat besar sehingga membantu team dalam menyimpan file yang besar tanpa batasan, juga sebagai branding bagi lembaga dengan alamat email yang menggunakan email lembaga.

Integrasi Google Suite dengan AQIS (AlQudwah Integrates System)

Email AlQudwah adalah Google Suite yang terintegrasi dengan semua layanan di Yayasan Islam Qudwatul Ummah. Aplikasi My.AlQudwah.Id, InetQu, dan Elearning semua terintegrasi dengan layanan email ini.

AlQudwah Integrates Sistem | AlQudwah.Id
AlQudwah Integrates Sistem | AlQudwah.Id

Oleh karena itu untuk mengimplementasikan Google Suite di lingkungan Yayasan Islam Qudwatul Ummah, diperlukan pengelolaan yang terpusat dan terkoordinir agar pemanfaatan layanan ini lebih maksimal.

Administrasi Email

Email AlQudwah dikelolah oleh langsung oleh Yayasan Islam Qudwatul Ummah, dalam hal ini dikelola oleh Bidang Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Setiap guru dan siswa diwajibkan menggunakan email ini untuk kegiatan akademik dan pembelajaran, ataupun untuk kegiatan organisasi di lingkungan Yayasan Islam Qudwatul Ummah.

Untuk membantu Administrasi email, berikut struktur pengelolaan email AlQudwah:

Manajemen Pengelolaan Email AlQudwah | AlQudwah.Id
Manajemen Pengelolaan Email AlQudwah | AlQudwah.Id

Untuk memudahkan pengelolaan email, pengelola email dibagi menjadi beberapa bagian:

  1. Admin Yayasan bertugas untuk membuat email guru, siswa dan semua warga AlQudwah;
  2. Tata Usaha Lembaga bertugas untuk melakukan reset password email guru;
  3. Wali Kelas bertugas untuk melakukan reset password siswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here