Asyiknya Cuci Baju Sendiri

0
479

Ada pemandangan  aneh dan tidak biasa saat siang kemarin di SD Terpadu Al-Qudwah, anak kelas 3 yang seharusnya belajar di kelas ini sedang berpeluh mencuci pakaian sendiri di area wudhu sekolah. Dengan wajah yang serius mereka menyikat dan membilas pakaiannya dengan air yang keluar dari keran.

Ternyata dibalik keseriusan mereka mencuci tersirat sorot matanya yang penuh penasaran dan penuh semangat. Hari itu ternyata Bu Umi Rohayati sebagai walikelas mengajak dan menantang anak untuk belajar mandiri dengan mencuci pakaian sendiri dalam palajaran khusus,  kami menyebutnya dengan Forum Talentpreneur (FTP).

FTp adalah program khusus yang di desain sekolah untuk anak dengan berbagai macam aktivitas/ kegiatan yang mampu menstimulus keterampilan dasar sekaligus memancing potensi bakat anak-anak agar terlihat.

Kegiatan mencuci pakaian sendiri ini diharapkan oleh Bu Umi agar anak-anaknya kelak mampu mandiri, karena jarang sekali pendidikan hari ini yang memberikan kesempatan untuk anak melatih keterampilan dasarnya. Selain melatih kemandirian, kegiatan mencuci pakaian dapat melatih motorik anak ditambah nilai-nilai yang dapat dirasakan, misal kesabaran, ketelitian, rasa sayang kepada orang tua yang semakin bertambah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here